Minggu, 16 Agustus 2015

AIR TERJUN TUMAUNG, DESA HINAS KIRI KEC. BATANG ALAI TIMUR

Pada tanggal 17 Agustus 2015 disaat rekan-rekan Pecinta Alam sedang melakukan pengibaran bendera Merah Putih di Puncak tertinggi Kalimantan Selatan (Puncak Halau-Halau). Pada saat yang bersamaan di Desa Hinas Kiri (Batu Kambar) kec. Batang Alai Timur sedang dilakukan peresmian pembukaan obyek wisata Air Terjun Tumaung/Rampah Tumaung. Air terjun ini terletak 2 km dari desa Hinas Kiri. Untuk mencapai Air Terjun Tumaung kita harus ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Barabai) kemudian ke Birayang dari Birayang kita menuju kec. Batang Alai Timur tepatnya di Desa Hinas Kiri (Batu Kambar) terus masuk melewati Balai Adat Hinas Kiri sampailah kita di pintu gerbang Tumaung. Disini Parkirlah motor/kendaraan roda dua (untuk mobil cukup pakir di depan jalan masuk saja dari pintu gerbang kurang lebih 100 meter) jasa parkir roda dua Rp 5000, biaya masuk Rp 3000. Jika kita malas untuk jalan kaki tersedia jasa ojek dengan tarif Rp 45.000. Dari gerbang sampai ke air terjun kurang lebih 2 km. Air Terjun Tumaung terbagi dua, yang di bawah  memiliki ketinggian lebih kurang 10 meter sedangkan yang di atas memiliki ketinggian lebih kurang 5 meter (rangkap dua).Foto-foto ini diambil dipertengahan bulan Agustus, kalau ingin air terjunnya lebih deras lagi datanglah pada saat musim penghujan yaitu bulan Oktober - April.

                                                        AIR TERJUN TUMAUNG BAWAH












                                                   AIR TERJUN TUMAUNG ATAS

7 komentar:

  1. kereeeen,, ada objek wisata hanyar pulang,....rasa handak kesana jua nah ulun, semoga yg datang ksana sllu menjaga kelestarian lingkungan, jgn hnya datang kmudian merusaknya... Postingan yang sangat menarik....slm bedingsanakan qt brataan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bujur jua pang jar sanak sapa lagi nang hakun mamalihara banua kita nang bungas ni mun kada kita jua sabarataan. Terimakasih telah baelang di blog kami, salam lestari !!!

      Hapus
  2. 👍👍👍
    Ulun sudah kesana wan kakawanan kampus waktu PKL Januari smlam.
    Semoga lain waktu bisa kesana lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo nanti kesana lagi jangan lewatkan air terjun yang di atasnya. Atau klp mau satu jam dari air terjun tumaung ada lagi air terjun yang berkelok-kelok sangat eksotis dengan batu-batu besarnya(lupa namanya)

      Hapus
  3. Keren juga nih air terjunnya.
    Kapan-kapan harus kesana nih.

    BalasHapus