Sabtu, 01 Juni 2013

Artikel Kesehatan

Oleh:
Genduk Indah Ayu .L. 
Intan Sari 
Irawati 
Siti Hadijah 
Siti juariah 
Siti Maysarah
Yunita A. 

Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat kontras untuk seseorang manusia tidak jarang seseorang mengesampingkan kesehatan diri nya karena pola  hidup yang tidak sehat membuat seseorang mudah terserang penyakit  mulai dari penyakit yang  tidak terlalu berbahaya hingga penyakit yang sangat berbahaya  .Nah,,disini kami akan memberikan sedikit informasi tentang penyakit yang cukup membahaya kan yaitu ”HIV/AIDS…SELAMAT MEMBACA!!!

HIV/AIDS merupakan suatu virus yang HIV (Human Immunodeficiency Virus) yaitu virus yang menyerang dan melemahkan system kekebalan tubuh manusia. Sedangkan AIDS kekebalan tubuh manusia akibat infeksi HIV.



Pada fase awal, orang yang terinfeksi HIV (HIV positif) tidak berbeda secara fisik dengan orang yang tidak menderita HIV (HIV negative). Status HIV positif/negative hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan darah dilaboratorium.



Pada orang dengan kekebalan tubuh normal, kuman jinak yang biasa tinggal didalam tubuh atau masuk dari luar tidak menyebabkan sakit. Bila kekebalan tubuh merosot seperti halnya pada orang dengan HIV positif (ODHA/orang dengan HIV/AIDS) maka keadaan tersebut akan menimbulkan keadaan sakit. Keadaan ini disebut sebagai infeksi Opurtunistik seperti TBC, radang paru (Pneumnonia), infeksi jamur pada mulut dan tenggorokan, infeksi saluran cerna yang berakibat diare, infeksi otak, infeksi kulit  .HIV/AIDS tidak hanya menyerang orang dewasa namun juga dapat  menyerang anak-anak tetapi HIV/AIDS yang menyerang anak-anak di akibat kan karena faktor keturunan mungkin,, orang tua dari anak tersebut sudah  terjangkit virus HIV/AIDS. Disi dapat dilihat beberapa gejala orang yang terkena virus HIV/AIDS:



Gejala-gejala penyakit HIV/ AIDS adalah :



-Batuk berekepanjangan

 - Infeksi jamur pada mulut dan kerongkongan

-  Pembengkakan kelenjar getah bening diseluruh tubuh (dibawah telinga, leher, ketiak, dan lipatan paha)

  -  Demam tinggi berkepanjangan

  -Penderita akan mengalami napas pendek, batuk, nyeri dada dan demam

 - Hilangnya nafsu makan, mua dan muntah

 - Mengalami diare yang kronis

  -Kurang ingatan

-sakit kepala.

  Selain gejala dari penyakit HIV/AIDS juga ada beberapa hal yang dapat menularkan virus HIV/AIDS:

-Hubungan seks kelamin

-hubungan seks oral                                                        

-transfusi darah

-penggunaan jarum suntik secara bersama-sama

 

Cara mecegah HIV/AIDS adalah dengan :

·  Jangan melakukan hubungan seksual diluar nikah

·  Jangan berganti-ganti pasangan seksual

·  Abstrinensi (tidak melakukan hubungan seks)

·  Seorang ibu yang didiagnosa positif HIV sebaiknya jangan hamil.

·  Penggunaan jarum suntik sebaiknya sekali pakai

· Jauhi narkoba.Gunakan kondom, terutama untuk kelompok perilaku resiko tinggi jangan menjadi donor darah





 HIV/AIDS akan mengalami beberapa fase diantara nya ialah:

-fase awal antara 0-1 bulan

 Gejala ini ditandai dengan demam tinggi ,sakit kepala ,sakit tenggorokan ,serta nyeri yang berkepanjangan namun ada beberapa gejala yang tidak terlihat secara langsung namun hal itu tidak dapat di artikan secara langsung sebagai tanda seseorang terkena virus HIV/AIDS dalam fase awal ini belum dapat dipastikan bahwa orang tersebut positif terkena virus HIV.

-fase tengah antara 1-!0 bulan

Gejala ini ditandai dengan gejala-gejala yang tidak terlihat langsung namun sudah menyebabkan seseorang mengalami system kekebalan tubuh yang menurun dalam fase ini sudah mulai terdeteksi virus HIV/AIDS yang menyerang.

-fase akhir antara 1-5 tahun
Pada fase akhir ini seseorang sudah dapat dipastikan bahwa ia terkena virus HIV karena makin menurun nya system kekebalan yang mengakibatkan orang tersebut menderita sakit dalam kurun waktu yang lama 
Beberapa obat yang dapat mematikan virus HIV/AIDS:

  1. NRTI  (nucleoside atau nucleotide reverse transcriptase inhibitor)
  2. NNRTI (non-nucleoside reverse transcriptase inhibitor)
  3. PI (protease inhibitor) Fusion Inhibitor
Karena HIV/AIDS merupakan virus yang paling berbahaya maka jagalah diri kita agar tidak terkena virus HIV/AIDS masa depan yang indah adalah masa dimana kita dapat membahagiakan dan mencapai semua cita-cita yang kita ingin kan tetapi orang yang terkena HIV/AIDS bukan berarti orng yang harus kita jauhi justru orang yang terkena HIV /AIDS adalah orang –orang yang membutuhkan kita sebagai tempat dia berbagi bukan untuk dijauhi .sekian informasi yang dapat kami sampai kan.

6 komentar:

  1. sangat bermanfaat sekali gan.
    dapat menambah wawasan dan pengetahuan saya mengenai penyakit HIV Aids.

    https://galeryherbal.com

    BalasHapus
  2. bismillah semoga kita semua di jauhkan dari penyakit berbahaya ini. terimakasih atas sharing ilmunya mengenai aids. terimakasih
    toko herbal semarang - Sukamadu Herbal

    BalasHapus
  3. semoga bisa segera di temukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit aids ini, walaupun semua nya tetap di tangan ALLOH TA'ALA segala takdir manusia. setidaknya kita sudah berikhtiar
    terimakasih

    BalasHapus
  4. Semoa generasi muda dijauhkan dari penyakit penyakit HIV Aids.

    BalasHapus
  5. Mungkin 80%-90% pencegahan dari penyakit ini adalah berhati2 dalam berHubungan sex. artinya ada perilaku sex menyimpang yang menyebabkan penyakit ini diderita seseorang. Untuk tipe orang seperti ini makan solusinya adalah tanamkan bekal ilmu agama. Kuatkan pondasi iman. kenali mana yang halal dan yang haram.jangan gampang bercampur baur dengan yang bukan mahram. Insya ALLOh sebab zina di jauhkan maka zina tidak akan terjadi ....terimakasih atas artikelnya. Semoga ODHA di Indonesia akan terus berkurang dan semoga di segera ditemukan Obatnya. aamiin

    BalasHapus